The Reason in The Past

11 thoughts on “The Reason in The Past

    • Terima kasih atas sarannya Pak๐Ÿ™‚ Saya juga berkeinginan untuk membuat sebuah karya berlatar belakang budaya Indonesia. Namun, saya terlalu terbiasa membaca novel dengan latar budaya luar negeri, sehingga membuat acuan dalam saya berkarya adalah tempat-tempat dan sedikit istilah asing.

  1. Menurut saya cerpen Fresti sudah bagus pengolahan kalimat dan penggambaran suasananya…
    Tapi, akhir ceritanya masih terasa agak menggantung, juga tidak dijelaskan mengapa Keiko bisa terlantar di taman dan ditemukan oleh Kazuto.
    Terimakasih ๐Ÿ‘ ๐Ÿ˜Š

    • Terima kasih Mba Mar’atus โ˜บ
      Begini, mungkin cerpen yang saya buat belum sempurna dan endingnya menggantung. Namun, untuk penjelasan mengapa Keiko itu bisa terlantar telah saya jelaskan dalam cerita, yaitu karena Nishimura mengira bahwa Keikolah penyebab kedua orang tua mereka meninggal. Sehingga pada akhirnya Nishimura mengusir Keiko dan menelantarkannya di sebuah taman.

  2. Tata bahasa dan pengolahan kalimatnya sudah baik, tetapi mungkin agak ditekankan lagi bagian muncul permasalahannya, supaya yang baca nggak bingung..
    Dan agak bingung juga, yang baru tiba dari seoul itu kazuto atau nishimura.๐Ÿ™‚ terima kasih..

    • Terima kasih Mbak Wahyu Nur Hartanti atas sarannya. Namun maaf, latar kejadian dalam cerpen saya itu di Jepang dan untuk tokoh yang baru saja tiba di Jepang adalah Nishimura. Jadi, untuk latar kejadian di Seoul seperti yang anda sebutkan. Menurut saya, itu karena anda kurang memahami alur ceritanya saja๐Ÿ™‚

  3. Subhanallah… cerpennya sangat menarik untuk dibaca. Tapi, pesan moralnya kurang. Semoga ke depannya bisa memposting cerpen yang berbau Islami dan mengandung pesan moral, terutama untuk kalangan anak-anak dan remaja.

    Selamat berjaung mbak Fresti. Terima kasih๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

