Renungan Hati M. Mahfudz

Berawal dari Kekurangan

Dalam kehidupan seseorang, contoh dekat adalah diriku ini. Aku masih banyak kekurangan, atau bisa dikatakan penuh keterbatasan. Meski manusia memiliki kekurangan tetapi sesungguhnya Allah memberikan juga kelebihan, yang tidak kita sadari karena Allah memberikan dengan berpasang-pasang. Ada kekurangan pasti ada kelebihan. Betapa baiknya Allah kepada kita. Dan, kekurangan itulah yang akan menjadi kelebihan pada diri kita, tinggal bagaimana cara kita untuk menjadikannya sebuah kelebihan.

Mungkin begitulah caraku agar bisa untuk meraih kesuksesan. Jangan kita memandang diri kita yang banyak sekali keterbatasan menjadi penghalang bagi kita. Inilah cara Allah menciptakan manusia yang sempurna, dengan diberikannya kekurangan kita akan mencari bagaimana untuk menutupinya. Terkadang aku juga bingung dan tanya pada diri sendiri, Mengapa Allah memberikan kekurangan pada manusia? Namun, setelah mempelajarinya aku paham. Ternyata inilah cara Allah memberikan kesempurnaan kepada manusia.

Keterbatasan atau kekurangan tak sepenuhnya membuat seseorang terpuruk, mungkin dengan adanya keterbatasan akan banyak pola pikir atau ide-ide yang muncul untuk menutupi kekurangan yang kita miliki, dan pola pikir itu akan menjadi penemuan, dan penemuan itu anggaplah penemuan keilmuan dari dalam diri kita, sebuah penemuan terbesar.

Banyak contoh dalam dunia ini, misalkan pada zaman dahulu dalam bidang pembuatan bangunan, seperti membuat bangunan yang besar dan kokoh pada piramida yang terlihat indah dan bahkan alat canggih pun tak bisa membuatnya. Juga pada Tembok Besar di Cina dan contoh lainya. Bayangkan saja zaman yang belum ada alat canggih bisa membuat bangunan seperti itu tanpa ada bahan perekat. Tentunya karena mereka mempunyai sebuah tujuan, sehingga kekurangan yang mereka miliki mampu menjadi semangat yang kuat dan tekad yang besar akhirnya terwujudlah.

Jadi untuk kita semua, termasuk diriku janganlah takut atau minder dengan kekurangan yang kita miliki, percayalah pada diri sendiri dengan apa yang kita usahakan pasti akan tercapai walau kekurangan itu ada pada diri kita. Ada manfaat dari kekurangan itu. Kita hanya butuh modal SEMANGAT, KEMAUAN, TUJUAN, PENGORBANAN, dan PERJUANGAN. Sesunguhnya Allah akan memberikan jalan keluarnya. Semua yang terjadi adalah cara Allah untuk menjadikan manusia yang SEMPURNA.(*)

Manfaat Sebuah Kesalahan

Tak ada manusia yang terlahir sempurna. Tapi ada dua hal yang begitu unik dalam diri manusia, yaitu kekurangan dan kelebihan. Keduanya itulah yang membantu kita untuk mengenali dirinya sendiri. Seberapa lemah diri kita, seberapa kuat diri kita, dan seberapa kemampuan yang kita miliki. Kita hidup di dunia ini tak hanya mencari sebuah kesuksesan yang kan membuat kita bahagia secara berlebihan, sehingga kita akan lupa kepada Sang Pencipta, Allah Swt.

Pemberian Allah yang bermanfaat adalah berupa kesalahan. Terkadang kita bertanya kepada hati kita, Mengapa perbuatanku selalu salah? Itu adalah pertanyaan umum yang kita ucapkan kepada hati kita, kita terkadang mengeluh, menyesal, dan merasa tak berdaya setelah kita bebuat suatu kelahan. Padahal Allah memberikan seperti itu karena Allah masih sayang kepada kita. Namun, kita tak mau merasakan bahkan terkadang mencela Allah (astaghfirullah…).

Coba bayangkan andaikan kita tak pernah berbuat kesalahan, apakah kita akan mengingat Allah? Apakah kita akan merasakan perasaan orang lain?jawabannya pasti tidak akan! Karena manusia jika dibiarkan akan semakin angkuh, dan semakin tak bisa dikendalikan. Ketika dalam kondisi seperti itu, setanlah yang sedang mengendalikan, dan setan setelah bersatu dengan manusia semakin lebih kuat.

Maka, bersyukurlah bahawa kita telah diberi sebuah perbuatan yang tidak sempurna, sebuah perbuatan yang akan mengingatkan kita kepada Allah, dan akhirnya berdampak semakin lebih baik lagi untuk ke depannya. Sesungguhnya Allah memberikan semua tidak ada yang sia-sia, tetapi manusialah yang merasa kurang atas pemberian Allah. Itulah Allah Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bersyukurlah kepada Allah. (*)

….

M.Mahfudz, lahir Banjarnegara 19 Februari 1994 merupakan siswa Kelas XII IPA Keterampilan, yang tinggal di Desa Lengkong Kecamatan Rakit Banjarnegara.You’ll never walk aloneadalah kata-kata yang menjadi inspirasi baginya.

 

11 thoughts on “Renungan Hati M. Mahfudz

  1. Salut untuk Mahfudz, beranjak dari kekurangan dan kesalahan ternyata mampu menciptakan keinginan untuk bangkit, untuk tampil lebih baik. Memang kesalahan atau pun kegagalan merupakan langkah awal untuk meraih keberhasilan.

    Salam kenal ya, tapi eh kok fotonya jongkok (kayak lagi ngapain aja…!?)

    • Terima kasih atas apresiasinya, ya begitulah manusia. Tidak ada yang sempurna, yang tidak luput dari kesalahan, kita juga diberikan kekurangan agar bagimana untuk menutupinya, dan perjuangan bagaiman yang harus kita lakukan, sehinga otak kita akan berjalan sesuai fungsinya. Saya pernah dengar bahwa “hidup adalah perjuangan”, jadi dengan begitulah kita menutupi kekurangan dari diri kita sendiri. untuk meraih keberhasilan.

      Salam kenal juga, hehe untuk mencari kejutan aja, biar heboh🙂

  2. Assalamu’alaikum..
    saya sangat sependapat dengan temanku, Mahfud. Kekurangan bukanlah musuh bagi kita. dengan kekurangan kita tahu, apa yang harus kita lakukan untuk menutup kekurangan itu.
    kesalahan adalah titik awal untuk kita menjadi lebih baik… Semangat ya?

    • wa’alaikum salam..
      Hari yang selalu berganti memberikan keleluasaan yang sangat bagus, karena dengan berjalannya waktu memberikan sebuah penantian perubahan dari diri kita.
      Terimakasih atas apresinya sahabatku Nasihin.

      salam kreatif

  3. Assalamualaikum..
    Memang betul apa yang dikatakan sahabat, memang semua orang diciptakan oleh Allah dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Oleh karena itu mari kita tutupi kekurangan kita dengan kelebihan yang kita miliki.

  4. Terimakasih atas bacaan ini sangat berguna, bagi saya kekurangan dan kelebihan itu adalah wujud syukur kepada Allah, bahwa Dialah yang paling peduli dengan hambanya, dan Allah memberi kekurangan itu supaya kita tidak sombong atas apa yang ada pada diri kita .
    Salam kenal .
    wasalamu ‘alaikum

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb…

      Terima kasih pula untuk apresiasi Mbak Imas. Memang apapun yang kita terima dalam kehidupan ini mesti kita syukuri. Pasti ada hikmah di balik semua itu.

      (Untuk balasan yang lebih lengkap, biarlah suatu saat M. Mahfudz sendiri yang menyampaikan. Semoga yang bersangkutan masih mengikuti perkembangan Galeri Siswa, meski sudah menamatkan belajar di madrasah ini).

      Salam penuh kreatif selalu…

    • Ya sama-sama bisa bermanfaat untuk anda.
      hidup memang selalu ada pasangan, ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Demikianlah Allah SWT., dengan tanda-tanda kekuasaannya. Semoga dengan kekurangan itu kita selalu mengoreksi diri, bahwa kta memang tak sempurna, hanya Allah lah yang Maha Sempurna, yang tek memiliki kekurangan sedikitpun.
      salam kenal juga.
      Wa’alaikum salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s